Tips dan Trik Membuat Google Form yang Menarik dan Profesional

45 Views 5 Min Read

Google Form adalah alat yang sangat berguna untuk membuat survei, kuesioner, atau formulir pendaftaran secara online.

Dengan antarmuka yang sederhana dan fitur-fitur yang canggih, Google Form memudahkan pengguna untuk mengumpulkan dan menganalisis data.

Artikel ini akan membahas cara membuat Google Form dengan langkah-langkah yang jelas dan mudah diikuti.

Apa Itu Google Form?

Google Form adalah aplikasi gratis yang disediakan oleh Google sebagai bagian dari suite Google Drive. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membuat formulir online, mengumpulkan tanggapan, dan menganalisis data dengan mudah.

Dengan Google Form, Anda dapat membuat berbagai jenis formulir seperti survei pelanggan, kuesioner penelitian, formulir pendaftaran acara, dan lain-lain.

Langkah-Langkah Membuat Google Form

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat Google Form:

1. Membuka Google Form

  1. Login ke Akun Google Anda: Pastikan Anda sudah login ke akun Google. Jika belum, buka Google dan masuk ke akun Anda.
  2. Akses Google Form: Ada beberapa cara untuk mengakses Google Form. Anda bisa langsung menuju Google Form atau membukanya melalui Google Drive dengan mengklik “New” kemudian memilih “Google Forms”.

2. Membuat Formulir Baru

  1. Klik “Blank”: Setelah masuk ke halaman Google Form, klik tombol “Blank” untuk membuat formulir baru dari awal. Anda juga bisa memilih template yang sudah tersedia sesuai kebutuhan Anda.
  2. Beri Nama Formulir: Klik pada bagian “Untitled form” dan beri nama formulir Anda. Deskripsi formulir juga bisa ditambahkan untuk memberikan informasi lebih lanjut kepada responden.

3. Menambahkan Pertanyaan

  1. Klik “Add question”: Untuk menambahkan pertanyaan, klik tombol “+” di sebelah kanan layar. Anda bisa menambahkan berbagai jenis pertanyaan seperti pilihan ganda, jawaban singkat, paragraf, kotak centang, dan lain-lain.
  2. Pilih Jenis Pertanyaan: Di sebelah kanan judul pertanyaan, ada dropdown menu yang memungkinkan Anda memilih jenis pertanyaan yang diinginkan support.google.com.

4. Menyesuaikan Pertanyaan

  1. Menambahkan Pilihan Jawaban: Untuk pertanyaan pilihan ganda atau kotak centang, tambahkan pilihan jawaban dengan mengklik “Option 1” dan menambah opsi lainnya.
  2. Mengatur Jawaban Wajib: Jika ada pertanyaan yang wajib dijawab, aktifkan toggle “Required” di bagian bawah setiap pertanyaan.

5. Menambahkan Elemen Lain

  1. Desain Formulir: Anda bisa menambahkan elemen lain seperti gambar, video, atau bagian baru dengan menggunakan toolbar di sebelah kanan. Elemen-elemen ini bisa membantu memperjelas pertanyaan atau memberikan informasi tambahan.
  2. Pengaturan Formulir: Klik ikon roda gigi di pojok kanan atas untuk mengatur pengaturan formulir seperti mengaktifkan pengumpulan alamat email, mengizinkan responden mengedit jawaban, atau membatasi satu respons per pengguna.

6. Mengirim Formulir

  1. Klik “Send”: Setelah selesai membuat formulir, klik tombol “Send” di pojok kanan atas.
  2. Pilih Metode Pengiriman: Anda bisa mengirim formulir melalui email, mendapatkan link untuk dibagikan, atau menyematkan formulir di situs web. Anda juga bisa membagikan formulir melalui media sosial.

Tips dan Trik untuk Google Form

Cara Membuat Google Form

1. Gunakan Template

Google Form menyediakan berbagai template yang bisa Anda gunakan untuk menghemat waktu. Template ini sudah disusun dengan struktur yang baik dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

2. Personalisasi Desain

Anda bisa mengubah tema dan warna formulir agar sesuai dengan branding atau preferensi Anda. Klik ikon palet cat di pojok kanan atas untuk mengubah tema dan warna.

3. Tambahkan Validasi Jawaban

Untuk memastikan jawaban yang Anda terima sesuai dengan format yang diinginkan, tambahkan validasi jawaban. Misalnya, untuk pertanyaan nomor telepon, pastikan jawaban yang diterima hanya berupa angka.

4. Gunakan Fungsi Logika

Google Form memungkinkan Anda menggunakan logika cabang (branching logic) untuk membuat pertanyaan yang berbeda muncul berdasarkan jawaban sebelumnya. Fitur ini sangat berguna untuk membuat survei yang lebih dinamis dan relevan.

Manfaat Menggunakan Google Form

1. Gratis dan Mudah Digunakan

Google Form adalah alat yang gratis dan sangat mudah digunakan. Anda tidak memerlukan keahlian khusus untuk membuat formulir yang profesional.

2. Integrasi dengan Google Sheets

Semua tanggapan yang masuk bisa otomatis disimpan di Google Sheets, memudahkan Anda untuk menganalisis data lebih lanjut.

3. Akses dari Mana Saja

Formulir yang Anda buat bisa diakses dari berbagai perangkat, baik itu komputer, tablet, atau smartphone. Hal ini memudahkan responden untuk mengisi formulir kapan saja dan di mana saja.

Baca juga: Review Provider Internet Tercepat di Indonesia

Kesimpulan

Google Form adalah alat yang sangat berguna untuk berbagai keperluan pengumpulan data. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa membuat formulir yang profesional dan mudah digunakan.

Manfaatkan fitur-fitur yang ada untuk memaksimalkan hasil yang Anda dapatkan. Semoga panduan ini bermanfaat dan membantu Anda dalam membuat Google Form yang efektif dan efisien.

Share This Article