Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok yang Perlu Kamu Ketahui

Meskipun pada awal kemunculannya aplikasi Tiktok banyak mendapat respon negatif. Namun, perlahan tapi pasti, Tiktok menjadi salah satu media sosial yang paling banyak digunakan masyarakat dunia.

Berbagai video dapat kamu temukan di Tiktok, mulai dari video hiburan yang bisa membuatmu terpingkal-pingkal sampai video edukasi yang bisa membuat otak menjadi semakin pintar.

Namun, terlepas dari apapun tujuanmu menggunakan Tiktok. Nyatanya masih banyak yang belum tahu bahwa menggunakan Tiktok itu bisa menghasilkan uang.

Lalu, pertanyaannya, bagaimana kira-kira kamu bisa mendapatkan uang dari Tiktok?. Nah, Untuk menjawab pertanyaan cara mendapat uang di Tiktok, mari kita ulas pembahasannya dengan lengkap.

Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok

Ada beberapa cara yang biasa dilakukan oleh Tiktokers (sebutan untuk pemain tiktok) untuk mendapatkan uang dari aplikasi yang berasal dari Tiongkok ini. Diantara caranya adalah sebagai berikut:

1. Jasa Endorse Produk

Jasa endorse produk umumnya hanya bisa dilakukan oleh tiktokers yang mempunyai banyak pengikut.

Dengan konten endorse, kamu akan diminta untuk mempromosikan merk, brand atau jenis usaha tertentu pada video yang kamu buat. Baik itu secara full atau diselipkan saja.

Untuk mendapatkan konten jenis ini biasanya tiktokers akan dihubungi langsung oleh pihak perusahaan dan agensi periklanan yang sedang mencari influencer untuk pemasaran produk.

2. Berjualan di Tiktok Shop

Tiktok shop adalah sebuah fitur E-Commerce yang diluncurkan pada September 2021. Fitur ini dibuat untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan adanya produk online yang dijual bersamaan dengan review penggunaanya.

Kamu bisa memanfaatkan fitur Tiktok shop untuk mendapatkan uang online dari Tiktok. Pilihlah barang yang sekiranya cocok dengan market pengguna Tiktok dan juga followers yang mengikuti akunmu.

Jika misalnya followers akun kamu banyak dari kalangan Ibu-ibu. Tidak ada salahnya kamu menjual daster, tas, kosmetik, sandal, hijab, gamis atau produk keperluan dapur dan rumah tangga lainnya.

3. Menjadi Tiktok Influencer

Siapa yang tidak kenal Khaby Lame? Pemuda keturunan Italia-Senegal ini sukses menjadi milyarder dengan menjadi Influencer di Tiktok.

Konsep video yang ditawarkan pemuda 22 tahun ini sangat simpel. Yakni, hanya memperagakan tutorial untuk melakukan tugas-tugas sederhana. Namun, tidak disangka, konten-kontennya booming dan disukai oleh jutaan orang di dunia.

Nah, jika ingin mendapat uang dari Tiktok, kamu bisa menjadi Tiktok Influencer seperti Khaby Lame. Adapun, untuk masalah konten, kamu perlu memikirkan konsep yang unik dan berbeda dari Tiktokers lainnya.

Beberapa jenis niche konten yang bisa kamu coba ketika ingin menjadi Tiktok Influencer diantaranya adalah konten edukasi, konten tanaman, konten how to doing something ataupun konten tips and trick.

4. Melakukan Iklan di Tiktok

Jika kamu memiliki produk bisnis yang bisa dipasarkan. Kamu bisa menggunakan fitur Tiktok ads untuk menjangkau lebih banyak pengunjung dan juga menaikan penjualan.

Konsep Tiktok ads mirip seperti Facebook ads ataupun Instagram Ads. Kamu nantinya bisa menggunakan Tiktok bisnis untuk membuat kampanye iklan dengan settingan gambar, video dan copywriting tertentu.

Baca juga : Aplikasi Pelacak Nomor HP Terbaik yang Wajib Kamu Coba

Untuk menggunakan fitur ini, kamu harus punya produk bisnis, kemampuan membuat konten menarik dan juga keahlian dalam menganalisa pasar di Tiktok Advertisement.

Penutup

Nah, itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan uang di Tiktok. Selain cara diatas tentu masih banyak cara lain yang bisa dilakukan. Misalnya seperti menarik donasi, jasa pengelola akun ataupun membuka link affiliasi sebagai afiliator produk.