Doa Setelah Adzan: Panduan dan Keutamaannya

36 Views 4 Min Read

Adzan adalah panggilan suci bagi umat Muslim untuk melaksanakan sholat wajib lima waktu sehari. Setelah mendengar adzan, dianjurkan untuk membaca doa khusus sebagai bentuk penghormatan dan pengharapan.

Artikel ini akan membahas bacaan doa setelah adzan, tata cara membacanya, serta keutamaan yang bisa didapatkan dari amalan ini.

Bacaan Doa Setelah Adzan

Doa setelah adzan memiliki teks khusus yang disunahkan untuk dibaca oleh setiap Muslim setelah mendengar panggilan sholat. Berikut adalah bacaan doa setelah adzan dalam teks Arab, latin, dan terjemahannya:

Teks Arab

اللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ، وَالصَّلَاةِ الْقَائِمَةِ، آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ، وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُودًا الَّذِي وَعَدْتَهُ

Terjemahan

“Ya Allah, Tuhan dari panggilan yang sempurna ini, dan sholat yang ditegakkan, berikanlah kepada Muhammad wasilah (derajat di surga) dan keutamaan, serta tempatkanlah dia di tempat terpuji yang Engkau janjikan.”

Tata Cara Membaca Doa Setelah Adzan

Berikut adalah langkah-langkah untuk membaca doa setelah adzan:

  1. Dengarkan Adzan dengan Khusyuk
    Saat adzan dikumandangkan, dianjurkan untuk mendengarkannya dengan penuh khusyuk dan menjawab setiap kalimat adzan dengan kalimat yang sama kecuali pada kalimat “Hayya ‘alash-shalah” dan “Hayya ‘alal-falah”, dijawab dengan “Laa hawla wa laa quwwata illa billah”.
  2. Bacaan Setelah Adzan
    Setelah muadzin selesai mengumandangkan adzan, segera baca doa setelah adzan yang telah disebutkan di atas.
  3. Berdoa dengan Khusyuk
    Usahakan membaca doa tersebut dengan penuh penghayatan dan keikhlasan, memohon kepada Allah agar sholat yang akan didirikan diterima dan mendapat berkah.

Baca juga: Doa Sholat Dhuha

Keutamaan Doa Setelah Adzan

Membaca doa setelah adzan memiliki banyak keutamaan dan manfaat. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Dijauhkan dari Api Neraka
    Membaca doa ini dapat menjadi pelindung dari api neraka bagi yang mengamalkannya dengan ikhlas dan rutin.
  2. Syafaat dari Nabi Muhammad SAW
    Salah satu keutamaan utama membaca doa ini adalah memperoleh syafaat dari Nabi Muhammad SAW pada hari kiamat kelak.
  3. Pahala Berlipat Ganda
    Membaca doa setelah adzan merupakan amalan sunnah yang memiliki nilai pahala berlipat ganda.
  4. Menghapus Dosa
    Doa ini juga menjadi salah satu cara untuk menghapus dosa-dosa kecil yang telah diperbuat.

Waktu yang Tepat Membaca Doa Setelah Adzan

Doa setelah adzan sebaiknya dibaca langsung setelah adzan selesai dikumandangkan. Adzan sendiri dikumandangkan lima kali dalam sehari untuk setiap sholat wajib, yaitu:

  1. Subuh: Adzan pertama yang dikumandangkan sebelum fajar menyingsing.
  2. Dzuhur: Adzan yang dikumandangkan saat matahari tepat di tengah langit.
  3. Ashar: Adzan yang dikumandangkan pada sore hari sebelum matahari terbenam.
  4. Maghrib: Adzan yang dikumandangkan tepat setelah matahari terbenam.
  5. Isya: Adzan yang dikumandangkan pada malam hari setelah hilangnya cahaya merah di langit.

Kisah Inspiratif Seputar Doa Setelah Adzan

Banyak kisah inspiratif yang bisa diambil dari umat Muslim yang secara rutin membaca doa setelah adzan. Berikut adalah salah satu kisah yang dapat memberikan motivasi:

Seorang pria bernama Ahmad selalu rutin membaca doa setelah adzan setiap kali mendengar panggilan sholat. Suatu hari, ia menghadapi masalah besar dalam pekerjaannya yang membuatnya hampir kehilangan mata pencahariannya.

Namun, Ahmad tetap berpegang teguh pada kebiasaannya membaca doa setelah adzan dan memperbanyak ibadah. Alhamdulillah, berkat keteguhannya dalam berdoa dan beribadah, masalah yang dihadapinya perlahan teratasi dan pekerjaannya kembali lancar.

Ahmad percaya bahwa berkah dari doa setelah adzan membantu mengatasi masalahnya dan memberinya kekuatan untuk tetap sabar dan tawakkal kepada Allah SWT.

Penutup

Doa setelah adzan adalah amalan sederhana namun memiliki keutamaan yang luar biasa. Dengan membacanya secara rutin, kita tidak hanya mendapatkan pahala berlipat ganda, tetapi juga mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW.

Semoga artikel ini dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya doa setelah adzan dan mendorong kita untuk lebih istiqomah dalam mengamalkannya.

TAGGED:
Share This Article