Pekerjaan yang Menjanjikan di Era Digitalisasi AI

Perkembangan teknologi di era digital semakin hari semakin pesat. Ada banyak jenis pekerjaan baru yang bermunculan. Dahulu, pekerjaan ini mungkin namanya jarang di dengar dan bahkan tidak terpikirkan untuk dilakoni. Tapi siapa sangka pekerjaan inilah yang ternyata menjanjikan di era digital AI.

Menurut sebuah riset, di tahun 2027 mendatang AI akan menciptakan 2,6 juta lapangan kerja yang baru. Transformasi di pasar tenaga kerja juga akan terajadi seiring dengan disempurnakannya teknologi AI. Inilah beberapa pekerjaan yang berpeluang menjanjikan di era digital AI.

1. Data Analyst

Pekerjaan sebagai data analyst diramalkan meningkat sekitar 35-40% di era digitalisasi. Profesi tersebut sangat penting bagi perusahaan sehingga seorang data analyst adalah asset berharga. Adapun tugas yang dilakukan berupa mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data untuk menghasilkan wawasan bisnis.

Seorang data analyst harus memiliki sumber daya yang diperlukan dalam menyelesaikan analisisnya. Sebab hal ini dapat menyebabkan masalah yang signifikan. Maka, sebelum melakukan analisis data hendaknya Anda merencanakan dan memastikan apakah Anda memiliki sumber daya untuk menyelesaikan anaslisis. Anda juga dapat mempertimbangkan dengan melakukan outsourcing analisis.

2. AI Scientist

Lingkup pekerjaan pada AI Scientist yaitu bekerja dengan teknik pembelajaran mesin tradisional seperti pemrosesan bahasa alami serta jaringan saraf mesin untuk membangun model yang mendukung aplikasi berbasis AI. AI Scientist bertanggung jawab untuk mengembangkan serta meningkatkan model dan algoritma AI untuk melakukan pemecahan masalah yang kompleks di berbagai industri.

Baca juga : Tips Menjawab Pertanyaan Saat Wawancara Kerja

AI Scientist menjadi profesi yang paling banyak dicari dna dibutuhkan di era digitalisasi AI. Tentunya tingkat persaingan juga akan semakin tinggi, Maka dari itu, seorang AI Scientist sangat perlu untuk mengupgrade ilmunya dan memiliki keahlian serta pengalaman yang luar biasa. Dengan portofolio yang kuat dan kemampuan yang ditunjukkan, maka akan sangat menonjol di lapangan.

3. Machine Learning Engineer

Profesi Machine Learning Engineer sangat erat kaitannya dengan dunia software application maupun produk yang menggunakan AI. Profesi ini juga menjadi profesi yang menjanjikan di beberapa tahun mendatang. Seorang Machine Learning Engineer Indonesia penghasilannya mencapai 10 hingga 26 juta per bulannya. Angka yang cukup menjanjikan bukan?

Seorang Machine Learning Engineer bertugas untuk merancang, mengembangkan, dan mengimplementasikan sistem pembelajaran mesin. Jika ingin menjadi Machine Learning Engineer, maka Anda perlu menguasai tentang statistic, matematika, serta teknik pemrograman. Posisi ini paling dibutuhkan di bidan AI.

Machine Learning Engineer merupakan pekerjaan yang dinamis dan adaptif pada tren yang sedang berkembang. Sehingga dituntut untuk memiliki pemikiran kritis, berpikir kreatif, serta mampu melihat peluang untuk mengembangkan inovasi.

4. Content Marketing Specialist

Di era digital yang penuh informasi, content marketing menjadi hal yang sangat penting. Profesi ini pun termasuk dalam pekerjaan yang cukup menjanjikan di era digital. Content Marketing Specialist memiliki tanggung jawab untuk membuat, mengelola, dan mendistribusikan konten yang relevan dan menarik untuk dapat menarik perhatian para audiens.

Tren yang cepat berubah menjadi sebuah tantangan seorang content marketing. Ikuti selalu perkembangan tren agar tidak kalah dengan kompetitor. Writer’s block juga kerap dialami profesi ini. Istirahatlah sejenak dan perbanyak membaca agar pikiran mampu mengeluarkan kata-kata dan ide brilian.

5. Algorithm Engineer

Profesi ini berfokus pada desain, analisis, implementasi, optimasi, pembuatan profil, dan evaluasi eksperimental komputer. Peran dari Algorithm Engineer yaitu menjembatani antara teori algoritma dengan aplikasi praktis algoritma dalam rekayasa perangkat lunak.

Sebagai seorang Algorithm Engineer, wajib memiliki keterampilan utama dalam kontrol versi, pengalaman SQL, kerangka kerja, serta keterampilan optimasi.

Itulah beberapa pekerjaan yang menjanjikan di era digitalisasi terutama pada bidang AI. Untuk memenuhi permintaan pekerjaan tersebut, kini sudah banyak lembaga pendidikan yang menawarkan pelatihan. Karena prospeknya menjanjikan, tentunya skill yang harus dikuasai juga tidak main-main.