Pentingnya Memiliki Soft Skill Komunikasi dalam Dunia Kerja

Berdasarkan hasil studi CareerBuilder, sekitar 77% perusahaan lebih mengutamakan calon karyawan yang memiliki soft skills. Komunikasi termasuk dalam 10 soft skill yang paling dcari. Hal ini menunjukkan bahwa soft skill komunikasi sangat penting dalam dunia kerja.

Komunikasi menjadi salah satu unsur penting dalam kehidupan sehari-hari termasuk dunia kerja. Tanpa adanya komunikasi, maka aktivitas yang dilakukan akan berantakan dan tanpa tujuan. Kemampuan komunikasi yang biasa dibutuhkan dalam dunia kerja meliputi mendengar aktif, negosiasi, public speaking, maupun presentasi.

Alasan pentingnya Soft Skill Komunikasi dalam Dunia Kerja

1. Menciptakan Efektivitas Kolaborasi

Dengan adanya komunikasi yang baik akan memungkinkan terciptanya kolaborasi yang lebih efektif dalam sebuah tim. Dengan skill komunikasi yang baik, Anda dapat menyampaikan gagasan dengan jelas dan membantu membangun hubungan yang kuat sehingga produktivitas tim lebih maksimal.

Selain itu, Anda juga dapat menjadi pendengar yang aktif dan dapat memahami perspektif orang lain dengan baik.

2. Pengerjaan Tugas yang Tepat

Penyebab adanya kesalahpahaman maupun kesalahan dalam memenuhi tugas yang diberikan biasanya disebabkan karena komunikasi yang tidak jelas dan kurang tepat. Memiliki skill komunikaisi yang baik akan membuat intruksi maupun informasi penting yang disampaikan dapat jelas dan dipahami dengan benar.

3. Performa Presentasi yang Baik

Dalam sebuah pertemuan bisnis, komunikasi menjadi kunci yang paling utama. Kemampuan berbicara di depan umum, menyusun pesan persuasive, serta memanfaatkan bahasa tubuh yang tepat dapat membantu Anda menarik perhatian klien untuk tertarik mengadakan kerjasama projek.

4. Hubungan Baik dengan Pelanggan

Interaksi dengan pelangga juga harus dengan skill komunikasi yang baik. Kemampuan komunikasi yang dibutuhkan di sini adalah kemampuan mendengarkan dengan baik, memahami kebutuhan pelangga, serta merespons dengan tepat.

Baca juga : Pekerjaan yang Menjanjikan di Era Digitalisasi AI

Skill Komunikasi yang baik juga akan membuat hubungan dengan pelanggan menjadi baik. Pemecahan masalah juga dapat diatasi dengan cepat sehingga Anda dapat mempertahankan pelanggan setia Anda.

5. Kepemimpinan yang Efektif

Dalam dunia kerja, terlebih lagi seorang pemimpin harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Seorang pemimpin harus mampu menginspirasi dan memotivasi karyawannya. Dalam mengarahkan sebuah tim, komunikasi harus jelas, transparan, dan empatik.

6. Membantu Bertahan dalam Situasi yang Sulit

Saat oerusahaan mengalami kesulitan, biasanya akan membuat para karyawan merasa tidak nyaman sehingga muncul pemikiran-pemikiran negatif. Pemikiran negatif yang muncul tentunya perihal keberlanjuan karir di perusahaan tersebut.

Di sinilah soft skill komunikasi sangat dibutuhkan untuk meningkatkan rasa percaya karyawan terhadap manajemen perusahaan. Perusahaan dan karyawan akan saling memahami situasi yang terjadi melalui komunikasi yang efektif.

Yang Terjadi Apabila Komunikasi Tidak Berjalan dengan Baik

Komunikasi menjadi poin penting dalam dunia kerja. Apabila komunikasi tidak berjalan dengan baik, maka aka nada saja permasalahan yang timbul. Hal ini dapat menjadi penghalang besar bagi perusahaan untuk berkembang.

1. Masalah Antar Personal

Masalah individu menjadi penghambat komunikasi dalam lingkungan kerja. Adanya konflik yang terdapat dalam diri karyawan akan membuat pemimpin sulit mendelegasikan tugas sehingga berdampak pada produktivitas kerja. Disinilah HRD berperan penting untuk menyelesaikan konflik yang terjadi antar individu karyawan.

2. Terdapat asumsi

Adanya asumsi menjadi hal lumrah dalam sebuah bisnis untuk strategi dan pengambilan keputusan. Disini para pimpinan perusahaan harus mampu mendengarkan masukan dari tim dan melakukan riset pasar untuk mendukung asumsi yang disampaik sebelum melakukan pengambilan keputusan.

3. Pesan Sulit Dipahami

Komunikasi yang kurang jelas akan membuat pesan yang disampaikan tidak secara utuh, atau sebaliknya penerima pesan tidak dapat menangkap dengan baik maksud dari informasi tersebut. Maka, memperbaiki komunikasi harus dilakukan.

Permasalahan komunikasi di tempat kerja akan sangat berdampak pada kesehatan lingkungan kerja, hubungan antar karyawan, hingga turnover rate. Untuk memperbaiki komunikasi, ada beberapa cara yang dapat dilakukan.

Pertama, tunjukkan rasa empati dan mendengarkan. Dengarkan lawan bicara dengan baik saat menyampaikan pesan sehingga Anda dapat menangkap isi pesan dan menunjukkan respek pada pemberi pesan.

Kedua, Menyampaikan pesan dengan jelas. Hal ini dilakukan agar menghindari kesalahan persepsi pada kedua belah pihak. Ketiga, memastikan jalur komunikasi tetap terbuka. Dengan jalur yang tetap terbuka maka akan memudahkan ketika berurusan dengan karyawan yang bertugas jarak jauh.

Komunikasi sangat penting dalam dunia kerja. Dengan komunikasi yang baik, seseorang akan menjadi lebih giat bekerja. Sebaliknya, komunikasi yang buruk akan menurunkan motivasi kerja dan menimbulkan konflik dalam perusahaan.