Tapera untuk Apa? Manfaat dan Keuntungan Bergabung dengan Tapera

61 Views 4 Min Read

Program Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) merupakan salah satu inisiatif pemerintah Indonesia untuk membantu masyarakat memiliki rumah pertama mereka.

BP Tapera bertanggung jawab atas pengelolaan dana ini dengan tujuan memberikan akses pembiayaan perumahan yang lebih terjangkau bagi seluruh rakyat Indonesia.

Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang BP Tapera, mulai dari pengertian, manfaat, cara kerja, hingga perkembangan terbaru dari program ini.

Apa Itu Tapera?

Tapera adalah singkatan dari Tabungan Perumahan Rakyat. Program ini diluncurkan untuk mengumpulkan dana dari peserta yang merupakan pekerja, baik pegawai negeri maupun swasta, guna digunakan sebagai pembiayaan perumahan.

Setiap peserta diwajibkan menyisihkan sebagian dari gaji mereka untuk ditabung dalam dana Tapera, yang kemudian akan digunakan untuk memberikan pembiayaan kredit kepemilikan rumah (KPR) dengan bunga yang lebih rendah.

Tujuan Tapera

Tujuan utama Tapera adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan memberikan akses yang lebih mudah dan terjangkau untuk memiliki rumah. Selain itu, Tapera juga diharapkan dapat:

  1. Mengurangi backlog perumahan di Indonesia.
  2. Mendorong pertumbuhan ekonomi melalui sektor perumahan.
  3. Meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan menyediakan hunian yang layak dan terjangkau.

Cara Kerja Tapera

Setiap pekerja yang menjadi peserta Tapera akan menyisihkan sebagian dari gaji mereka setiap bulan. Berikut adalah cara kerja dasar dari Tapera:

  1. Iuran Wajib
    Setiap bulan, peserta Tapera wajib menyetorkan iuran sebesar 2,5% hingga 3% dari gaji mereka. Besaran iuran ini dipotong langsung dari gaji pekerja setiap tanggal 10.
  2. Pengelolaan Dana
    Dana yang terkumpul dikelola oleh BP Tapera dan ditempatkan pada instrumen investasi yang aman dan likuid.
  3. Penyaluran Pembiayaan
    Dana Tapera kemudian disalurkan dalam bentuk pembiayaan perumahan, seperti KPR bersubsidi dengan bunga rendah dan jangka waktu yang fleksibel.
  4. Pengecualian
    Tidak semua pekerja wajib membayar iuran Tapera. Mereka yang tidak wajib membayar adalah pekerja dengan upah di bawah upah minimum, atau yang telah memiliki rumah pertama.

Manfaat Tapera

Program Tapera menawarkan berbagai manfaat bagi peserta, antara lain:

  1. Akses Mudah ke KPR
    Peserta Tapera memiliki akses yang lebih mudah dan terjangkau untuk mendapatkan kredit kepemilikan rumah.
  2. Bunga Rendah
    KPR yang disediakan melalui dana Tapera biasanya memiliki bunga yang lebih rendah dibandingkan dengan kredit perumahan komersial.
  3. Tabungan Jangka Panjang
    Selain untuk pembiayaan rumah, iuran Tapera juga berfungsi sebagai tabungan jangka panjang bagi peserta.
  4. Peningkatan Kesejahteraan
    Dengan memiliki rumah sendiri, kesejahteraan peserta diharapkan meningkat, baik dari segi ekonomi maupun sosial.

Perkembangan Terbaru Tapera

Pada tahun 2024, BP Tapera terus berinovasi dan meningkatkan efektivitas program ini. Berikut beberapa perkembangan terbaru:

  1. Penetapan PP No.21 Tahun 2024
    Pemerintah telah menetapkan Peraturan Pemerintah No.21 Tahun 2024 untuk meningkatkan efektivitas penyelenggaraan Tapera.
  2. Target Penyaluran KPR
    BPD DIY ditargetkan untuk menyalurkan 100 unit KPR FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan) pada tahun 2024. Ini menunjukkan komitmen pemerintah dalam mendukung program perumahan rakyat.
  3. Lomba Foto dan Video
    BP Tapera menggelar lomba foto dan video dengan tema “Menabung Bersama untuk Pembiayaan Rumah Pertama”. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menabung untuk memiliki rumah.

BP Tapera merupakan program strategis yang bertujuan untuk membantu masyarakat Indonesia memiliki rumah pertama mereka.

Dengan skema tabungan yang terstruktur dan pengelolaan dana yang profesional, Tapera diharapkan dapat mengurangi backlog perumahan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Perkembangan terbaru menunjukkan bahwa pemerintah terus berupaya meningkatkan efektivitas program ini melalui berbagai inisiatif dan kebijakan.

Dengan demikian, Tapera menjadi salah satu solusi penting dalam menciptakan hunian yang layak dan terjangkau bagi seluruh rakyat Indonesia.

Share This Article