Tips Menjawab Pertanyaan Saat Wawancara Kerja

Tips Menjawab Pertanyaan Saat Wawancara Kerja – Proses wawancara menjadi salah satu proses terpenting saat melamar pekerjaan, Saat wawancara inilah Anda berkesempatan untuk mempromosikan diri untuk menunjukkan bahwa Anda adalah kandidat yang tepat mengisi posisi di perusahaan tersebut.

Namun, menghadapi proses interview tidaklah mudah. Dilansir dari Job Description Library, 50% kandidat gagal di tahap interview pertama. Sehingga sangat penting untuk mempelajari dan mempersiapkan diri sebelum melakukan proses wawancara.

Pertanyaan yang ditanyakan setiap rekruter sebenarnya hampir sama. Namun, Anda perlu hati-hati dalam menjawab terutama pertanyaan yang menjebak. Pada artikel ini, akan diulas bagaimana tips menjawab pertanyaan saat wawancara kerja agar Anda semakin percaya diri menghadapinya.

Jangan Lakukan Ini Saat Proses Wawancara

Ada banyak kesalahan yang sering kali dilakukan para kandidat sehingga menyebabkan gagal pada wawancara pertama. Antara lain terlihat sangat gugup, salah dalam menjawab pertanyaan, atau bahkan tidak sengaja bicara kasar. Agar tidak terjadi, inilah beberapa kesalahan yang sering dilakukan para pelamar :

1. Jawaban yang Bertele-tele

Saat gugup, bisa saja Anda menjawab dengan jawaban yang panjang dan bertele-tele. Hal ini akan mengurangi poin saat wawancara. Untuk menghindari hal tersebut, hindari berbicara terlalu cepat ataupun bergumam. Saat menjawab, pastikan untuk tidak melenceng tanpa melengkapi jawaban Anda.

2. Berbicara Negatif tentang Pekerjaan Sebelumnya

Mungkin memang ada hal negative yang menyebabkan Anda tidak melanjutkan pekerjaan di perusahaan sebelumnya. Namun, hindari untuk menceritakan hal negative tersebut saat melakukan wawancara. Saat menunjukkan kelebihan Anda, mungkin secara tidak sengaja akan membandingkan atau membuat pemimpin sebelumnya berkesan negatif.

Agar terkesan professional, jawablah dengan diplomatis. Anda juga bisa menjawab bahwa Anda mengingingkan tantangan baru dan ingin menjadi bagian dari perusahaan untuk menjalankan visi dan misi.

3. Gelisah atau Tidak Fokus

Kesiapan Anda akan dilihat saat menjalani wawancara. Jauhkan hal-hal yang dapat mempengaruhi fokus Anda seperti dering handphone, misalnya. Pastikan handphone dalam kondisi silent sehingga Anda tidak akan terganggu saat ada panggilan maupun pesan masuk.

Gerakan seperti memegang rambut, mengunyah permen, mengetuk-ngetuk sepatu, maupun gerakan lainnya secara berulang yang dapat memberikan kesan Anda sedang tidak fokus. Jika memang sedang tidak sehat, Anda bisa mengajukan reschedule wawancara.

Lihat info : Lowongan Kerja SMA SMK [bulan_ini]

Pertanyaan Umum Saat Wawancara

Dalam menjawab pertanyaan saat wawancara, jawablah dengan lancar tanpa banyak jeda. Anda bisa mempelajari tips dalam menjawab pertanyaan yang umum agar lebih menguasai. Namun, dalam memberikan jawaban, tetaplah menjawab dengan jujur, lugas, dan sesuai dengan versi Anda.

1. Pertanyaan 1 : Memperkenalkan Diri

Meskipun pertanyaan sederhana, justru pertanyaan inilah yang paling penting. Dimana Anda dapat meyakinkan HRD tentang diri Anda. Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui karakter dasar calon karyawan.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, anda dapat melakukannya dengan menyapa seluruh orang yang ada di tempat, ceritakan data diri Anda secara singkat, fokus pada skill dan kompetensi yang Anda miliki, jika Anda belum memiliki pengalaman kerja, Anda dapat menceritakan aktivitas sehari-hari. Hindari menceritakan pribadi Anda secara berlebihan dan berbelit-belit.

2. Pertanyaan 2 : Mengapa Tertarik Untuk Melamar Pekerjaan Disini?

Tujuan dari pertanyaan ini adalah untuk mengetahui sejauh mana motivasi Anda dalam bekerja. Hindari menjawab dengan menceritakan gaji atau lingkungan kerja yang tidak nyaman sebelumnya. Jawablah dengan kalimat yang positif.

Anda dapat memberikan jawaban seperti ingin menyalurkan potensi pada diri Anda atau bisa juga karena latar belakang Anda yang cocok dengan posisi yang Anda lamar saat itu.

3. Pertanyaan 3 : Sejauh Mana Anda Mengetahui Posisi yang Anda Lamar?

Saat menentukan untuk melamar, setidaknya Anda mengetahui seperti apa jobdesk dasar pada posisi yang Anda lamar. Anda harus memahami alasan serta latar belakang posisi yang dilamar. Maka, sebelum proses wawancara, Anda perlu mencari tahu lebih banyak tentang posisi yang Anda lamar. Sehingga ketika wawancara, Anda dapat menjelaskannya menurut sudut pandang yang Anda miliki.

4. Pertanyaan 4 : Apa yang Anda Lakukan Jika Berada Dalam Tekanan?

Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana semangat serta tanggung jawab Anda dalam menyelesaikan pekerjaan. Jawablah dengan sejujur mungkin dan jika Anda memiliki cara pribadi dalam mengatasi kondisi tersebut, boleh saja untuk diutarakan.

Beberapa tips menjawab pertanyaan umum dapat Anda terapkan saat menjalani proses wawancara. Berikan kesan pertama yang baik dengan berpenampilan rapi dan juga tutur kata yang sopan. Datanglah lebih awal dari waktu yang telah dijanjikan. Semoga beruntung!