Trial! WhatsApp Kini Bisa Atur Pengiriman HD Media Secara Otomatis

WhatsApp kemarin telah memberikan kita sebuah fitur yang nampaknya memang telah ditunggu-tunggu oleh sebagian besar pengguna setianya, fitur yang kami maksud ialah fitur pengiriman media HD atau pengiriman media dengan ukuran besar tanpa perlu dikompresi. Fitur ini telah dinantikan oleh semua pengguna WhatsApp dan tentunya menjadi salah satu fitur populer saat ini.

Fitur ini memang telah banyak dinanti, karena sebelumnya pengguna WhatsApp tidak bisa untuk mengirimkan gambar atau video dengan ukuran besar. Pengguna mau tidak mau harus mengirimkannya dengan syarat harus dikompresi dari platform WhatsApp itu sendiri, alhasil gambar atau media yang diterima tidak menampilkan resolusi maksimal yang bahkan hanya mampu mengirimkan video dengan maksima resolusi 480p saja.

Menanggapi banyak permintaan penggunanya, WhatsApp akhirnya merilis fitur yang memungkinkan platform tidak banyak mengompres ukuran atau resolusi media, sehingga gambar dan video yang dikirimkan masih tetap menampilkan resolusi maksimal di HD atau 720p. Keren bukan?

Ketika dikirimkan maka pengguna bisa memilih untuk mengirimkannya dalam bentuk kompresi atau HD, setelahnya harus menunggu beberapa waktu untuk mengirimkannya. Ukuran HD memerlukan berkas dengan ukuran yang lebih besar sehingga akan membutuhkan waktu lebih lama sesuai ukurannya.

Baca juga : WhatsApp Uji Coba Fitur Transcribe Voice Note di Android

Sedang diuji coba, nantinya pengguna tidak perlu lagi memilih ukuran HD ketika mengirimkan media karena kini WhatsApp memberikan akses yang secara otomatis akan mengirimkan media dalam format HD yang bisa diatur melalui Settings dan pilih Storage & Data.

Fitur ini sendiri baru diuji coba, menurut informasi dari WABetaInfo fitur ini baru dicoba di versi WhatsApp Beta untuk Android dengan nomor versi 2.24.7.17. Secara otomatis nantinya setelah diatur maka kamu bisa mengirimkan media dalam format HD tanpa perlu mengonfirmasinya secara manual.

“When you select the standard quality, the recipient will get the media in a compressed file for faster delivery while keeping the quality lower. HD quality is said to occupy six times more file space and obviously will be slower to send.

The toggle in the media sharing screen is here to stay htough, allowing you to send some files in a different quality setting when needed.” Melansir dari GSMArena

Bagaimana menurutmu mengenai fitur baru WhatsApp ini? Sejauh ini fitur media HD telah menjadi salah satu fitur yang banyak digunakan karena mampu mengirimkan media dengan format yang mirip aslinya tanpa banyak kompresi.

Tinggalkan komentar