Panduan Lengkap Verifikasi Akun Twitter untuk Pemula

44 Views 5 Min Read

Verifikasi akun Twitter atau yang kini dikenal sebagai X, adalah langkah penting bagi individu atau organisasi yang ingin meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan di platform media sosial ini.

Tanda centang biru menunjukkan bahwa akun tersebut adalah otentik, terverifikasi, dan terkemuka di bidangnya. Berikut adalah panduan lengkap tentang langkah-langkah verifikasi akun Twitter.

Mengapa Verifikasi Akun Twitter Penting?

Sebelum membahas langkah-langkahnya, penting untuk memahami manfaat dari verifikasi akun Twitter:

  • Meningkatkan Kredibilitas: Tanda centang biru memberikan kepercayaan tambahan bagi pengikut bahwa akun Anda adalah asli dan terpercaya.
  • Peningkatan Visibilitas: Akun terverifikasi cenderung lebih mudah ditemukan dalam pencarian dan lebih sering muncul di rekomendasi.
  • Keamanan: Verifikasi membantu mencegah akun palsu atau tiruan yang dapat merugikan reputasi Anda.

Syarat dan Kriteria Verifikasi Akun Twitter

Sebelum mengajukan permohonan verifikasi, pastikan akun Anda memenuhi kriteria berikut:

  • Lengkap dan Terlihat Profesional: Akun harus memiliki nama tampilan, foto profil, dan bio yang jelas dan lengkap.
  • Aktif dan Terkenal: Akun harus aktif dalam 30 hari terakhir dan memiliki jumlah pengikut serta keterlibatan yang signifikan.
  • Autentik: Akun harus mewakili orang asli, organisasi, atau entitas yang nyata. Ini harus dibuktikan dengan tautan ke situs web resmi atau referensi dari sumber tepercaya.
  • Akun Publik: Pastikan pengaturan privasi akun diatur ke publik sehingga semua orang dapat melihat tweet Anda.

Langkah-langkah Verifikasi Akun Twitter

Cara Verifikasi Akun Twitter

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk memverifikasi akun Twitter Anda:

1. Persiapan Awal

  • Lengkapi Profil Anda: Pastikan nama tampilan, foto profil, dan bio sudah diisi dengan informasi yang relevan dan profesional. Tambahkan lokasi, tanggal lahir (untuk individu), dan situs web resmi jika ada.
  • Verifikasi Email dan Nomor Telepon: Pastikan email dan nomor telepon yang terkait dengan akun Anda sudah terverifikasi.
  • Aktifkan Akun: Pastikan akun Anda aktif dengan cara memposting tweet secara reguler dan berinteraksi dengan pengikut.

2. Mengajukan Permohonan Verifikasi

  • Buka Pengaturan Akun: Masuk ke akun Twitter Anda melalui browser desktop atau aplikasi mobile.
    • Di desktop, klik pada ikon profil di sudut kanan atas, lalu pilih “Pengaturan dan Privasi”.
    • Di aplikasi mobile, klik ikon profil di sudut kiri atas, lalu pilih “Pengaturan dan Privasi”.
  • Pilih “Akun” dan “Permintaan Verifikasi”: Di menu “Pengaturan dan Privasi”, pilih opsi “Akun Anda”, lalu klik “Informasi Akun”. Di sini, Anda akan menemukan opsi “Permintaan Verifikasi”.
  • Isi Formulir Verifikasi: Isi formulir verifikasi dengan informasi yang diperlukan. Ini termasuk:
    • Kategori Akun: Pilih kategori yang paling sesuai dengan akun Anda (misalnya, individu, organisasi, media, hiburan, dll).
    • Tautan Pendukung: Masukkan tautan ke situs web resmi, artikel berita, atau profil media sosial lain yang mendukung keaslian dan relevansi akun Anda.
    • Identifikasi Resmi: Unggah salinan identifikasi resmi (untuk individu) atau dokumen resmi (untuk organisasi).
  • Kirim Permintaan: Setelah mengisi semua informasi yang diperlukan, klik “Kirim”. Permintaan verifikasi akan dikirim ke tim Twitter untuk ditinjau.

3. Menunggu Tinjauan

Setelah mengirim permintaan verifikasi, Anda perlu menunggu Twitter untuk meninjau aplikasi Anda. Proses ini bisa memakan waktu beberapa minggu. Anda akan menerima pemberitahuan di Twitter jika permintaan Anda diterima atau ditolak.

Baca juga: Cara Menghapus Akun Twitter Secara Permanen

4. Tindak Lanjut

  • Jika Diterima: Jika permintaan verifikasi Anda diterima, Anda akan melihat tanda centang biru di profil Anda. Pertahankan aktivitas akun dan pastikan untuk tetap mematuhi pedoman komunitas Twitter untuk mempertahankan status terverifikasi.
  • Jika Ditolak: Jika permintaan Anda ditolak, evaluasi alasan penolakan yang diberikan oleh Twitter dan lakukan perbaikan yang diperlukan. Anda dapat mengajukan kembali permohonan verifikasi setelah 30 hari.

Tips Tambahan untuk Memperoleh Verifikasi

  1. Bangun Kehadiran Online yang Kuat: Pastikan kehadiran online Anda di luar Twitter juga kuat. Situs web resmi, profil media sosial lain, dan artikel berita yang menyebut Anda dapat membantu memperkuat permohonan verifikasi.
  2. Berinteraksi dengan Pengikut: Tingkatkan interaksi dengan pengikut Anda melalui balasan, retweet, dan menyukai tweet mereka. Aktivitas ini menunjukkan bahwa akun Anda aktif dan terlibat.
  3. Promosikan Profil Anda: Bagikan tautan ke profil Twitter Anda di situs web resmi, kartu nama, dan platform media sosial lainnya untuk meningkatkan visibilitas dan kredibilitas.

Kesimpulan

Memverifikasi akun Twitter adalah langkah penting untuk meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan di platform ini. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat meningkatkan peluang mendapatkan tanda centang biru di profil Anda. Pastikan untuk memenuhi semua persyaratan dan kriteria yang ditetapkan oleh Twitter, serta menjaga aktivitas dan profesionalisme akun Anda.

Semoga artikel ini membantu Anda memahami proses verifikasi akun Twitter dengan lebih baik. Jika Anda memiliki pertanyaan atau perlu bantuan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi dukungan pelanggan Twitter atau mengunjungi pusat bantuan Twitter.

TAGGED:
Share This Article